Video Blended Learning

Saturday, November 9, 2019

PERANAN TEKNOLOGI DALAM METODOLOGI PEMBELAJARAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Suatu kemajuan akan dibarengi dengan adanya perubahan. Seiring kemajuan jaman, banyak perubahan-perubahan yang terjadi di segala aspek dalam masyarakat.Teknologi merupakan salah satu hal yang berkembang pesat mengikuti jaman.Teknologi memiliki peran penting dalam banyak hal.Segala sesuatu yang belum tersentuh teknolgi dikatakan tidak mengikuti arus perkembangan jaman yang terjadi. Pendidikan, sosial, pertanian, ekonomi, budaya jika sudah tersentuk teknologi maka kualitasnya akan semakin tinggi dan produk yang dihasilkan pun akan lebih berkualitas.
Teknologi juga dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pendidikan. Teknologi pendidikan akan membantu semua aspek pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan kwalitas produk yang dihasilkan. Produk dalam ranah pendidikan yaitu siswa yang berkualitas dan memiliki daya saing.


Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya.Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
Kemajuan teknologi juga akan berdampak dengan keragaman media yang digunakan oleh para tenaga pendidik. Teknologi akan membantu para guru dalam pembuatan media. Media akan lebih menarik dan variatif apabila guru mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Namun guru kurang mampu menguasai teknologi yang tersedia. Cenderung guru yang berusia lanjut, tidak memahami bagaimana peran, fungsi dan manfaat dari Teknologi, justru tetap mempertahankan gaya konvensional tanpa menyelipkan unsure kemajuan teknologi di dalamnya. Hal inilah yang melatarbelakangi penyusunan makalah ini yang membahas tentang peran Teknologi dalam belajar.
B. Rumusan Masalah
  1. Apakah pengertian dari Teknologi secara umum dan pengertian dari Teknologi dilihat dari segi pendidikan?
  2. Bagaimanakah peran Teknologi dalam metodologi pembelajaran?
  3. Bagaimana Fungsi dan manfaat teknologi dalam pembelajaran
C.Tujuan
  1. Untuk mengetahui pengertian teknologi secara umum dan pengertian pendidikan dilihat darisegi pendidikan
  2. Untuk mengetahui peran teknologi dalam pembelajaran
  3. Untuk mengetahui Fungsi dan manfaat teknologi dalam pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar.  Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. 
a. Pengertian Teknologi
Secara epistimology, teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu techne dan logos. Thechne secara harfiah dapat diartikan sebagai cara, pengetahuan, keahlian dan keterampilan. Logos sendiri berarti ilmu.Jadi secara hafiah teknologi dapat diartikan sebagai ilmu untuk menggunakan keahlian.Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapat tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.Teknologi digunakan sebagai bagian dalam pendidikan yang bertujuan menghidupkan kreatifitas anak didik dan pengajarnya.
Makna Teknologi, seperti makna ‘sains’, telah mengalami perubahan sepanjang sejarah. Teknologi, berasal dari literatur Yunani, yaitu technologia, yang diperoleh dari asal kata techne, bermakna wacana seni. Ketika istilah itu pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris di abad ketujuh belas, maknanya adalah pembahasan sistematis atas ‘seni terapan’ atau pertukangan, dan berangsur-angsur artinya merujuk pada pertukangan itu sendiri. Pada abad ke-20, maknanya diperluas untuk mencakup tidak hanya alat-alat dan mesin-mesin, tetapi juga metode dan teknik non-material. Yang berarti suatu aplikasi sistematis pada teknik maupun metode.  
Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, definisi Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material, dan proses menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Teknologi dikenal sebelum sains dan teknik.Definisi lainnya, teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungnya sumberdaya untuk memproduksi produk yang diinginkan.
Teknologi menurut Djoyohadikusumo (1999, 222) yang dikutip di www.canboyz.co.cc berkaitan erat dengan sains dan perekayasaan. Jadi, teknologi mengandung dua dimensi yang saling berkaitan satu sama lain. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi mengenai interaksinya satu sama lainnya.
b. Pengertian Teknologi Pendidikan
Teknologi digunakan sebagian besar dalam pendidikan yang tertujuan menghidupkan kreatifitas anak
didik dan guru atau tenaga pengajarnya. Teknologi pendidikan adalah sebuah cara untuk meraih tujuan pendidikan dengan cara menggunakan alat-alat teknologi yang dihasilkan manusia untuk membantu menumbuhkembangkan kreatifitas berfikir siswa dalam sebuah sistem pendidikan. Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap sarana atau alat yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran ataupun dalam latihan. Menurut Ellington, teknologi pendidikan adalah suatu alat bantu dalam proses pendidikan. Secara umum, teknologi pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari suatu design, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian, proses, sumber dan sistem yang dilakukan dalam hal belajar atau proses pembelajaran. Teknologi pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan,melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar manusia.
Teknologi pendidikan adalah menunjang kelancaran berjalannya suatu sistem pendidikan. Semakin modern dan canggih teknologi yang digunakan maka semakin terbantulah pendidikan, baik dalam proses pembelajaran maupun sistem pendidikan itu sendiri. 
B. Peran Teknologi dalam Metodologi Pembelajaran
Teknologi dapat membantu dalam belajar. Instruksi tergantung pada kehadiran guru. Bahkan dalam situasi ini, media dapat digunakan oleh guru. Di sisi lain, instruksi mungkin tidak memerlukan guru yang seringkali disebut belajar sendiri. Teknologi juga dapat digunakan secara efektif dalam situasi pendidikan formal di mana seorang guru tidak tersedia atau bekerja sama dengan siswa lain. Media sering “dikemas” untuk tujuan tersebut. Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemanfaatan teknologi dan pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Teknologi memiliki peranan yang penting dalam belajar.Ketika pembelajaran terpusat pada guru,
Teknologi berperan dalam mendukung penyajian pembelajaran. Disisi lain, ketika pembelajaran yang terpusat pada siswa, siswa akan sebagai pengguna media dan pemanfaat Teknologi untuk menyajikan hasil pemikiran, hasil penelitian dan lain sebagainya. Namun pada umumnya, peranan penting Teknologi terjadi pada saat pembelajaran terpusat pada guru.Salah satu peranan dari Teknologi adalah untuk melayani perubahan lingkungan pembelajaran. Teknologi akan membantu dalam penyajian media pembelajaran.
Secara garis besar, peran Teknologi dalam belajar antara lain sebagai Peran Tambahan yaitu, teknologi pembelajaran dalam proses belajar baik di sekolah maupun dirumah memiliki peran yang trategis, salah satunya yaitu berperan sebagai tambahan. Peran tambahan yang dimaksud yaitu menjadi alat pengajaran disamping dari metode ceramah yang dilakukan oleh guru. Teknologi tidak harus setiap saat ada dalam proses pembelajaran, namun pemanfaatannya sangat ditunggu oleh siswa. Teknologi seperti IT atau internet tidak mutlak digunakan sebagai sumber belajar, namun hanya sebagai tambahan refrensi materi diluar media buku dan materi yang diberikan oleh guru. Sama halnya dengan media, media berperan sebagai tambahan apabila guru memerlukan suatu alat bantu untuk mentrasfer materi kepada siswa.
Dibeberapa sekolah internasional dan Perguruan Tinggi menerapkan beberapa kegiatan pembelajaran yang bisa dipilih oleh peserta didik antara lain belajar secara konvensional atau tatap muka, belajar dengan tatap muka yang diselingi lagi melalui internet bahkan ada yang menerapkan belajar jarak jauh dengan memanfaatkan Teknologi yang ada. Dalam hal ini, Teknologi berperan sebagai pengganti keberadaan guru di dalam kelas. Guru dan peserta didik dapat melakukan proses pembelajaran di tempat yang berbeda atau terpisah jarak yang jauh dengan memanfaatkan teknologi internet atau skype.
Peran pengganti juga dapat dilihat pada saat guru menayangkan hasil wawancaranya, atau hasil rekaman argument seorang tokoh atau ahli yang secara fisik tidak dapat hadir di kelas pada saat proses pembelajaran. Teknologi berperan sebagai pengganti fisik seseorang yang diharapkan hadir dalam proses pembelajaran. 
C. Fungsi serta Manfaat Teknologi dalam Pembeelajaran
a) Fungsi Teknologi dalam Belajar
Teknologi memilliki tiga fungsi / manfaat utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu :
a. Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini tik digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keungan dan sebagainya.
b. Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. Dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran tik sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya. c. Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. Dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator
b) Manfaat Teknologi dalam Belajar
Teknologi sangat bermanfaat, khususnya pada zaman globalisasi dan memasuki MEA saat ini. Teknologi dapat dimanfaatkan dalam segala bidang antara lain bilang pendidikan, ekonomi, sosial, pariwisata, budaya, dan lain sebagainya. Manfaat teknologi dalam belajar antara lain :
1. Mempermudah pembuatan media pembelajaran
2. Mempermudah penyampaian media pembelajaran yang disampaikan di kelas
3. Mempermudah guru dan siswa dalam pencarian sumber belajar lain selain melalui buku dan bahan ajar
4. Teknologi mempermudah dalam hal penyederhanaan materi yang akan disampaikan, materi dapat disederhanakan melalui bagan, grafik ataupun yang lainnya, tentunya memanfaatkan teknologi dalam pembuatannya.

BAB III
PENUTUP
 A. Kesimpulan
Teknologi pendidikan adalah sebuah cara untuk meraih tujuan pendidikan dengan cara menggunakan alat-alat teknologi yang dihasilkan manusia untuk membantu menumbuhkembangkan kreatifitas berfikir siswa dalam sebuah sistem pendidikan.
Teknologi memiliki peranan yang penting dalam belajar.Ketika pembelajaran terpusat pada guru, Teknologi berperan dalam mendukung penyajian pembelajaran. Disisi lain, ketika pembelajaran yang terpusat pada siswa, siswa akan sebagai pengguna media dan pemanfaat Teknologi untuk menyajikan hasil pemikiran, hasil penelitian dan lain sebagainya. Namun pada umumnya, peranan penting Teknologi terjadi pada saat pembelajaran terpusat pada guru.Salah satu peranan dari Teknologi adalah untuk melayani perubahan lingkungan pembelajaran. Teknologi akan membantu dalam penyajian media pembelajaran.
Secara garis besar, peran Teknologi dalam belajar antara lain :
1. Sebagai Peran Tambahan
2. Sebagai Pelengkap
3. Sebagai Pengganti
B. Saran
Keberadaan teknologi yang makin canggih dan beragam harus dimanfaatkan seluruh pihak untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Guru harus melek teknologi agar kualitas guru di Indonesia mampu bersaing dengan tenaga pendidik dari luar. Guru yang berusia lanjut cenderung kurang memiliki motivasi untuk menguasai IT, namun hal tersebut dapat menjadi boomerang bagi dirinya sendiri, karena guru yang tidak menguasai IT akan dikatakan ketinggalan jaman, tidak mengetahui ilmu-ilmu, informasi atau teori-teori pendidikan yang terbaru, dan cenderung memiliki metode mengajar yang tidak disukai siswa, karena masih terlalu konvensional. Dengan menguasai teknologi, maka dalam pembuatan media pembelajaran akan mudah dan proses pembelajaran pun akan efektif, efektif dan menyenangkan.
Daftar Pustaka

Rosenberg. 2001. Pengembangan Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 
Sadiman, Arief. 1984. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. 
Tilaar.2002. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Jakarta
Nasution, S. 1982. Teknologi Pendidikan,Bandung: Temmars. 
Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta. 

1 comment:

  1. This review focuses on the use of technology in methodology, highlighting key points such as context, explanation, context, understanding of the topic, traditional and modern methods, new trends and development, reference and summary, and conclusion and implications. By addressing these aspects, the review provides an informative and helpful resource for readers interested in understanding the use of technology in methodology. By addressing these aspects, readers can gain a better understanding of the topic and make informed decisions about their use of technology in methodology.
    motorcycle accident attorneys near me

    ReplyDelete