BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar BelakangSuatu kemajuan akan dibarengi dengan adanya perubahan. Seiring kemajuan jaman, banyak perubahan-perubahan yang terjadi di segala aspek dalam masyarakat.Teknologi merupakan salah satu hal yang berkembang pesat mengikuti jaman.Teknologi memiliki peran penting dalam banyak hal.Segala sesuatu yang belum tersentuh teknolgi dikatakan tidak mengikuti arus perkembangan jaman yang terjadi. Pendidikan, sosial, pertanian, ekonomi, budaya jika sudah tersentuk teknologi maka kualitasnya akan semakin tinggi dan produk yang dihasilkan pun akan lebih berkualitas.
Teknologi juga dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pendidikan. Teknologi pendidikan akan membantu semua aspek pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan kwalitas produk yang dihasilkan. Produk dalam ranah pendidikan yaitu siswa yang berkualitas dan memiliki daya saing.
Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya.Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
Kemajuan teknologi juga akan berdampak dengan keragaman media yang
digunakan oleh para tenaga pendidik. Teknologi akan membantu para guru
dalam pembuatan media. Media akan lebih menarik dan variatif apabila
guru mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Namun guru kurang mampu
menguasai teknologi yang tersedia. Cenderung guru yang berusia lanjut,
tidak memahami bagaimana peran, fungsi dan manfaat dari Teknologi,
justru tetap mempertahankan gaya konvensional tanpa menyelipkan unsure
kemajuan teknologi di dalamnya. Hal inilah yang melatarbelakangi
penyusunan makalah ini yang membahas tentang peran Teknologi dalam
belajar.
B. Rumusan Masalah
- Apakah pengertian dari Teknologi secara umum dan pengertian dari Teknologi dilihat dari segi pendidikan?
- Bagaimanakah peran Teknologi dalam metodologi pembelajaran?
- Bagaimana Fungsi dan manfaat teknologi dalam pembelajaran
- Untuk mengetahui pengertian teknologi secara umum dan pengertian pendidikan dilihat darisegi pendidikan
- Untuk mengetahui peran teknologi dalam pembelajaran
- Untuk mengetahui Fungsi dan manfaat teknologi dalam pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam
pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar. Para
guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan
oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut
sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru sekurang-kurangnya
dapat menggunakan alat yang murah dan bersahaja tetapi merupakan
keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.
Secara epistimology, teknologi
berasal dari bahasa Yunani, yaitu techne dan logos. Thechne secara
harfiah dapat diartikan sebagai cara, pengetahuan, keahlian dan
keterampilan. Logos sendiri berarti ilmu.Jadi secara hafiah teknologi
dapat diartikan sebagai ilmu untuk menggunakan keahlian.Teknologi adalah
metode ilmiah untuk mencapat tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan
atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk
menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan
kenyamanan hidup manusia.Teknologi digunakan sebagai bagian dalam
pendidikan yang bertujuan menghidupkan kreatifitas anak didik dan
pengajarnya.
Makna Teknologi, seperti makna
‘sains’, telah mengalami perubahan sepanjang sejarah. Teknologi, berasal
dari literatur Yunani, yaitu technologia, yang diperoleh dari asal kata
techne, bermakna wacana seni. Ketika istilah itu pertama kali digunakan
dalam bahasa Inggris di abad ketujuh belas, maknanya adalah pembahasan
sistematis atas ‘seni terapan’ atau pertukangan, dan berangsur-angsur
artinya merujuk pada pertukangan itu sendiri. Pada abad ke-20, maknanya
diperluas untuk mencakup tidak hanya alat-alat dan mesin-mesin, tetapi
juga metode dan teknik non-material. Yang berarti suatu aplikasi
sistematis pada teknik maupun metode.
Menurut Wikipedia Bahasa
Indonesia, definisi Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari
alat, mesin, material, dan proses menolong manusia menyelesaikan
masalahnya. Teknologi dikenal sebelum sains dan teknik.Definisi lainnya,
teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam
bagaimana menggabungnya sumberdaya untuk memproduksi produk yang
diinginkan.
Teknologi menurut
Djoyohadikusumo (1999, 222) yang dikutip di www.canboyz.co.cc berkaitan
erat dengan sains dan perekayasaan. Jadi, teknologi mengandung dua
dimensi yang saling berkaitan satu sama lain. Sains mengacu pada
pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai
ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi mengenai
interaksinya satu sama lainnya.
Teknologi digunakan sebagian besar dalam pendidikan yang tertujuan menghidupkan kreatifitas anak
didik dan guru atau tenaga pengajarnya. Teknologi pendidikan adalah sebuah cara untuk meraih tujuan pendidikan dengan cara menggunakan alat-alat teknologi yang dihasilkan manusia untuk membantu menumbuhkembangkan kreatifitas berfikir siswa dalam sebuah sistem pendidikan. Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap sarana atau alat yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran ataupun dalam latihan. Menurut Ellington, teknologi pendidikan adalah suatu alat bantu dalam proses pendidikan. Secara umum, teknologi pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari suatu design, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian, proses, sumber dan sistem yang dilakukan dalam hal belajar atau proses pembelajaran. Teknologi pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan,melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar manusia.
didik dan guru atau tenaga pengajarnya. Teknologi pendidikan adalah sebuah cara untuk meraih tujuan pendidikan dengan cara menggunakan alat-alat teknologi yang dihasilkan manusia untuk membantu menumbuhkembangkan kreatifitas berfikir siswa dalam sebuah sistem pendidikan. Teknologi dalam pendidikan mencakup setiap sarana atau alat yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran ataupun dalam latihan. Menurut Ellington, teknologi pendidikan adalah suatu alat bantu dalam proses pendidikan. Secara umum, teknologi pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari suatu design, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian, proses, sumber dan sistem yang dilakukan dalam hal belajar atau proses pembelajaran. Teknologi pendidikan merupakan suatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan,melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar manusia.
Teknologi pendidikan adalah
menunjang kelancaran berjalannya suatu sistem pendidikan. Semakin modern
dan canggih teknologi yang digunakan maka semakin terbantulah
pendidikan, baik dalam proses pembelajaran maupun sistem pendidikan itu
sendiri.
B. Peran Teknologi dalam Metodologi Pembelajaran
Teknologi dapat membantu dalam
belajar. Instruksi tergantung pada kehadiran guru. Bahkan dalam situasi
ini, media dapat digunakan oleh guru. Di sisi lain, instruksi mungkin
tidak memerlukan guru yang seringkali disebut belajar sendiri. Teknologi
juga dapat digunakan secara efektif dalam situasi pendidikan formal di
mana seorang guru tidak tersedia atau bekerja sama dengan siswa lain.
Media sering “dikemas” untuk tujuan tersebut. Hamalik (1986)
mengemukakan bahwa pemanfaatan teknologi dan pemakaian media pengajaran
dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat
yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan
bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Teknologi memiliki peranan yang penting dalam belajar.Ketika pembelajaran terpusat pada guru,
Teknologi berperan dalam mendukung penyajian pembelajaran. Disisi lain, ketika pembelajaran yang terpusat pada siswa, siswa akan sebagai pengguna media dan pemanfaat Teknologi untuk menyajikan hasil pemikiran, hasil penelitian dan lain sebagainya. Namun pada umumnya, peranan penting Teknologi terjadi pada saat pembelajaran terpusat pada guru.Salah satu peranan dari Teknologi adalah untuk melayani perubahan lingkungan pembelajaran. Teknologi akan membantu dalam penyajian media pembelajaran.
Teknologi berperan dalam mendukung penyajian pembelajaran. Disisi lain, ketika pembelajaran yang terpusat pada siswa, siswa akan sebagai pengguna media dan pemanfaat Teknologi untuk menyajikan hasil pemikiran, hasil penelitian dan lain sebagainya. Namun pada umumnya, peranan penting Teknologi terjadi pada saat pembelajaran terpusat pada guru.Salah satu peranan dari Teknologi adalah untuk melayani perubahan lingkungan pembelajaran. Teknologi akan membantu dalam penyajian media pembelajaran.
Secara garis besar, peran
Teknologi dalam belajar antara lain sebagai Peran Tambahan yaitu,
teknologi pembelajaran dalam proses belajar baik di sekolah maupun
dirumah memiliki peran yang trategis, salah satunya yaitu berperan
sebagai tambahan. Peran tambahan yang dimaksud yaitu menjadi alat
pengajaran disamping dari metode ceramah yang dilakukan oleh guru.
Teknologi tidak harus setiap saat ada dalam proses pembelajaran, namun
pemanfaatannya sangat ditunggu oleh siswa. Teknologi seperti IT atau
internet tidak mutlak digunakan sebagai sumber belajar, namun hanya
sebagai tambahan refrensi materi diluar media buku dan materi yang
diberikan oleh guru. Sama halnya dengan media, media berperan sebagai
tambahan apabila guru memerlukan suatu alat bantu untuk mentrasfer
materi kepada siswa.
Dibeberapa sekolah internasional
dan Perguruan Tinggi menerapkan beberapa kegiatan pembelajaran yang
bisa dipilih oleh peserta didik antara lain belajar secara konvensional
atau tatap muka, belajar dengan tatap muka yang diselingi lagi melalui
internet bahkan ada yang menerapkan belajar jarak jauh dengan
memanfaatkan Teknologi yang ada. Dalam hal ini, Teknologi berperan
sebagai pengganti keberadaan guru di dalam kelas. Guru dan peserta didik
dapat melakukan proses pembelajaran di tempat yang berbeda atau
terpisah jarak yang jauh dengan memanfaatkan teknologi internet atau
skype.
Peran pengganti juga dapat
dilihat pada saat guru menayangkan hasil wawancaranya, atau hasil
rekaman argument seorang tokoh atau ahli yang secara fisik tidak dapat
hadir di kelas pada saat proses pembelajaran. Teknologi berperan sebagai
pengganti fisik seseorang yang diharapkan hadir dalam proses
pembelajaran.
C. Fungsi serta Manfaat Teknologi dalam Pembeelajaran
a) Fungsi Teknologi dalam Belajar
Teknologi memilliki tiga fungsi / manfaat utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu :
a. Teknologi berfungsi sebagai
alat (tools), dalam hal ini tik digunakan sebagai alat bantu bagi
pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam
mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database,
membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data
kepegawaian, keungan dan sebagainya.
b. Teknologi berfungsi sebagai
ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari
disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi
komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti
informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. Dalam pembelajaran di
sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran tik sebagai ilmu
pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya. c. Teknologi
berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy).
Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus
sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan
komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa
sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip
pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. Dalam hal ini posisi
teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai :
fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator
b) Manfaat Teknologi dalam Belajar
Teknologi sangat bermanfaat,
khususnya pada zaman globalisasi dan memasuki MEA saat ini. Teknologi
dapat dimanfaatkan dalam segala bidang antara lain bilang pendidikan,
ekonomi, sosial, pariwisata, budaya, dan lain sebagainya. Manfaat
teknologi dalam belajar antara lain :
1. Mempermudah pembuatan media pembelajaran
2. Mempermudah penyampaian media pembelajaran yang disampaikan di kelas
3. Mempermudah guru dan siswa dalam pencarian sumber belajar lain selain melalui buku dan bahan ajar
4. Teknologi mempermudah dalam
hal penyederhanaan materi yang akan disampaikan, materi dapat
disederhanakan melalui bagan, grafik ataupun yang lainnya, tentunya
memanfaatkan teknologi dalam pembuatannya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teknologi pendidikan adalah
sebuah cara untuk meraih tujuan pendidikan dengan cara menggunakan
alat-alat teknologi yang dihasilkan manusia untuk membantu
menumbuhkembangkan kreatifitas berfikir siswa dalam sebuah sistem
pendidikan.
Teknologi memiliki peranan yang penting dalam belajar.Ketika
pembelajaran terpusat pada guru, Teknologi berperan dalam mendukung
penyajian pembelajaran. Disisi lain, ketika pembelajaran yang terpusat
pada siswa, siswa akan sebagai pengguna media dan pemanfaat Teknologi
untuk menyajikan hasil pemikiran, hasil penelitian dan lain sebagainya.
Namun pada umumnya, peranan penting Teknologi terjadi pada saat
pembelajaran terpusat pada guru.Salah satu peranan dari Teknologi adalah
untuk melayani perubahan lingkungan pembelajaran. Teknologi akan
membantu dalam penyajian media pembelajaran.
Secara garis besar, peran Teknologi dalam belajar antara lain :
1. Sebagai Peran Tambahan
2. Sebagai Pelengkap
3. Sebagai Pengganti
B. Saran
Keberadaan teknologi yang makin
canggih dan beragam harus dimanfaatkan seluruh pihak untuk memajukan
pendidikan di Indonesia. Guru harus melek teknologi agar kualitas guru
di Indonesia mampu bersaing dengan tenaga pendidik dari luar. Guru yang
berusia lanjut cenderung kurang memiliki motivasi untuk menguasai IT,
namun hal tersebut dapat menjadi boomerang bagi dirinya sendiri, karena
guru yang tidak menguasai IT akan dikatakan ketinggalan jaman, tidak
mengetahui ilmu-ilmu, informasi atau teori-teori pendidikan yang
terbaru, dan cenderung memiliki metode mengajar yang tidak disukai
siswa, karena masih terlalu konvensional. Dengan menguasai teknologi,
maka dalam pembuatan media pembelajaran akan mudah dan proses
pembelajaran pun akan efektif, efektif dan menyenangkan.
Daftar Pustaka
Rosenberg. 2001. Pengembangan Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arief. 1984. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Tilaar.2002. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Jakarta
Nasution, S. 1982. Teknologi Pendidikan,Bandung: Temmars.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
This review focuses on the use of technology in methodology, highlighting key points such as context, explanation, context, understanding of the topic, traditional and modern methods, new trends and development, reference and summary, and conclusion and implications. By addressing these aspects, the review provides an informative and helpful resource for readers interested in understanding the use of technology in methodology. By addressing these aspects, readers can gain a better understanding of the topic and make informed decisions about their use of technology in methodology.
ReplyDeletemotorcycle accident attorneys near me
The role of technology in methodology is to increase efficiency, accuracy, and accessibility in various research processes or application of work methods. Technology allows for faster data collection and analysis, as well as more effective communication and collaboration. With digital tools, methodologies become more adaptive and innovative, supporting more measurable and reliable results.
ReplyDeletedui lawyer loudoun county
fairfax DUI Checkpoint